PERAN DAN DETERMINAN PEMASARAN SOSIAL TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT
Oleh Karlina Powatu Nim : F2DA 10 126
Pemasaran
sosial pada intinya adalah upaya mengubah pandangan dan perilaku masyarakat
melalui perubahan sosial. Berbicara tentang perubahan sosial tentunya tidak
jauh dari perubahan perilaku dan pandangan masyarakat. Hal ini bukanlah
merupakan yang tak mungkin dilakukan apabila strategi, waktu, keterampilan, dan
gagasan yang akan dijual sudah tersusun dengan matang. Pemasaran sosial sudah
lama dikenal di dunia dan diterapkan dalam menjual gagasan untuk mengubah
pemikiran sikap dan perilaku masyarakat.
Menurut Prof.
Dr. Emil Salim, guru Besar fakultas ekonomi universitas Indonesia yang juga
merupakan mantan Menteri Lingkungan Hidup, organisasi nirlaba memainkan peranan
penting dalam mengubah perilaku dan pandangan masyarakat. Ada beberapa faktor
yang menyebabkannya, antara lain :
- Trust terhadap pemerintah dan pengusaha menurun karena nasib rakyat kerap kali terabaikan;
- Pembangunan terasa timpang karena lebih berat kepada pertimbangan ekonomi dibandingan dengan kesetaraan sosial dan lingkungan hidup;
- Teknologi informasi menumbuhkan daya kritis dan hubungan jejaring antar kelompok madani.
Beberapa faktor ini memang semestinya mendorong
organisasi nirlaba untuk senantiasa meningkatkan kemampuan mengomunikasikan
gagasan-gagasan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat menggunakan
strategi sosial marketing, secara baik dan tepat.
Pemasaran sosial
mengacu pada penerapan strategi pemasaran dalam memecahkan masalah sosial dan
kesehatan masyarakat . Pada kenyataannya, teknik dan strategi pemasaran secara
luas bisa berhasil mendorong masyarakat untuk membeli sebuah produk, sehingga
secara teori para ahli melihat teknik-teknik menjual semacam itu juga bisa
diadaptasi untuk menjual gagasan dan perilaku dalam rangka meningkatkan
kualitas hidup masyarakat khususnya dalam peningkatan kesehatan masyarakat.
Selama ini berbagai masalah sosial dan kesehatan dipicu
oleh perilaku tertentu. Masalah-masalah kesehatan sendiri memang memiliki
dimensi sosial sekaligus individual. Kurangnya kesempatan, pilihan dan
pemberdayaan memicu sulitnya masyarakat menerapkan gaya hidup sehat. Di sinilah
pemasaran sosial menawarkan sebuah solusi dengan mempengaruhi perilaku, tak
hanya warga negara secara individu, namun juga kelompok masyarakat yang berpengaruh
dan pembuat kebijakan dan khususnya sebagai kesehatan masyarakat.
Kualitas pelayanan
kesehatan di Indonesia sangat bergantung dari pemasarannya. Determinan yang
mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yaitu dengan
mengatur strategi pemasaran. Di dalam menerapkan strategi pemasaran dibutuhkan marketing mix sebagai alat untuk memenangkan persaingan
dalam pelayanan kesehatan. Misalnya Marketing
mix untuk perusahaan jasa rumah
sakit memiliki variabel- variabel yang terdiri dari :
- Produk
Produk
adalah konsep keseluruhan atas objek atau proses yang memberikan berbagai nilai
bagi para pasien. Adapun yang menjadi subkatagori dari produk tersebut adalah
barang dan jasa. Adapun yang menjadi subkatagori dari produk tersebut adalah
barang dan jasa. Sedangkan pengertian
jasa itu sendiri adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan
oleh satu pihak kepada pihak lain. Pada dasarnya jasa tidak berwujud dan tidak
mengakibatkan pemilikan apapun. Produk
jasa mungkin berkaitan dengan produk fisik atau tidak.
- Harga
Harga
memainkan peranan penting dalam bauran pemasaran jasa, karena penetapan harga
memberikan penghasilan bisnis. Harga merupakan sejumlah uang yang dikenakan
atas sebuah produk atau pelayanan jasa, atau sejumlah nilai yang ditukarkan
pasien untuk keuntungan atau penggunaan atas sebuah pelayanan jasa di bidang
kebidanan dan kandungan. Seorang pasien tentunya mempertimbangkan value atau
keuntungan yang mungkin akan didapatnya bila memilih salah satu dari berbagai
rumah sakit penyedia layanan jasa yang tersedia dengan biaya yang ditetapkan
oleh rumah sakit tersebut.
- Tempat
Tempat
dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran
distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa
kepada pasien dan di mana lokasi yang strategis. Lokasi berarti berhubungan
dengan di mana RS harus bermarkas dan melakukan operasi.
- Promosi
Promosi
adalah arus informasi atau persuasi arah yang dibuat untuk mengarahkan
seseorang/ organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam
pemasaran. Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan jasa.
Pasien sangat dekat dengan pengiriman jasa, dengan kata lain pasien tersebut
akan berbicara kepada orang lain yang berpontensial tentang pengalamannya dalam
menerima jasa tersebut, sehingga word of mouth ini sangat besar pengaruh dan
dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi
lainnya.
Keempat marketing
mix di atas merupakan bahan pertimbangan pasien dalam memilih lembaga
perawatan di bidang penyedia jasa kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar